Jelang PSBB, PDM Sidoarjo Instruksikan MCCC Lakukan Pendataan Warga Muhammadiyah

fasco.online
Pemkab Sidoarjo bersama Pemkot Surabaya dan Pemkab Gresik telah bersepakat mengusulkan penerapana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada Kementerian Kesehatan RI. Bagi Muhammadiyah, keputusan ini langsung direspon dengan sejumlah langkah antisipasi, khususnya terkait dampak sosial ekonomi.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo Msyhud mengungkapkan, penerapan PSBB akan berdampak secara langsung terhadap aktifitas perekonomian masyarakat. Tak terkecuali warga Muhammadiyah di Sidoarjo. Untuk itu, pihaknya secara khusus menginstruksikan Muhammadiyah Covid-19 Comman Center (MCCC) Sidoarjo untuk melakukan pendataan warga Muhammadiyah.

“Dalam arsip kami sudah memiliki data warga Muhammadiyah mulai dari ranting, cabang hingga daerah. Namun, untuk menghadapi momentum ini kita perlu kembali mendata ulang warga Muhammadiyah demi berabagai keperluan. Baik monitoring kebutuhan logistik maupun monitoring kesehatan,” tutur Masyhud, Selasa (21/4/2020).

Masyhud berharap, pendataan dilakukan agar PDM melalui MCCC mengetahui secara detail dampak covid-19 terhadap warga Muhammadiyah. “Jangan sampai warga dan simpatisan Muhammadiyah yang masuk kategori tidak mampu atau rentan miskin kesulitan mendapat bahan pangan selama masa PSBB ke depan. PDM melalui MCCC akan berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan kebutuhan bahan pokok mereka tercukupi,” tegas Masyhud.

Sementara itu, Ketua MCCC Sidoarjo Mahfudz menambahkan, pendataan warga Muhammadiyah telah diproses lewat kordinasi pimpinan cabang dan ranting. Terlebih saat ini, di tingkat cabang, saat ini juga telah membentuk MCCC. “Kita akan terus melakukan percepatan proses pendataan warga Muhammadiyah. Karena ini akan mejadi dasar kami untuk menyalurkan berbagai bantuan sosial,” ungkap Mahfudz.

Baca Juga :  Muhammadiyah Berduka, 'Sang Penggerak' Itu Kini Berpulang

Untuk mengoptimalkan pendataan, Mahfudz mengaku telah menerjunkan tim pendataan MCCC ke pimpinan cabang. Selanjutnya, tim pendataan yang akan berkordinasi dengan pimpinan ranting dan mengumpulkan data. “Mulai besok, Rabu (22/4) kita sudah mulai bagi-bagi logistik sembako. Selain untuk menghadapi PSBB, ini juga akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan menjelang Bulan Ramadan,” pungkas Mahfudz.han

Baca Juga :  Refelksi Milad IMM ke 57

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22FansLike
109FollowersFollow
SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles