Oleh : Nurul Musdholifah, Budapest Hongaria.

Sejumlah anggota MPR RI berkesempatan mengunjungi KBRI di Budapest Hongaria seusai mengadakan Sholat Id bersama, yang dihadiri puluhan masyarakat Indonesia di Hongaria, Ahad (11/8/2019). Badan pengkajian MPR RI yang dipimpin oleh Rambe Kamarul Zaman mengatakan, tujuan ke Hongaria adalah studi banding.

“Kita selama disini belajar tentang konstitusi pemerintahan. Sistem pemerintahan Hongaria, tidak memerlukan banyak kementrian, sehingga lebih efisien, sedangkan di Indonesia terlalu banyak menteri,” kata mantan komisi 2 fraksi partai Golkar.

Baca Juga :  Inilah Sikap Pemuda Muhammadiyah Sidoarjo Hadapi Pilgub Jatim

Selain itu, lanjut wakil ketua badan penkajian MPR RI ini mengatakan, sistem yang ada di Indonesia masih belum terintegrasi pembangunan secara merata.

“Sistem perencanaan pembangunan akan menuju pola GBHN. MPR RI sudah mengesahkan beberapa pembahasan tentang Undang-Undang (UU) pembangunan desa, UU Sinas Iptek, UU Sistem kepartaian dan RUU Ekonomi kreatif,” lanjutnya.

Baca Juga :  Pemuda Muhammadiyah Tegaskan Sidorjo Butuh Figur dari Kalangan Pemuda

Di akhir dari pemaparannya, pria yang akrab dipanggil Rambe, mengajak diskusi dan tanya jawab dengan masyarakat Indonesia di Hongari. Diantara beberapa penanya dalam diskusi tersebut adalah Yoga, penerima beasiswa S2 jurusan teknik lingkungan. Priyo penerima beasiswa S3. Dan Hazim, mahasiswa penerima beasiswa S3 Fakultas social sciense jurusan sociology yang juga sebagai Dosen Umsida.

Baca Juga :  Jalan Panjang Tukang Dinamo Teguhkan Jihad di Jalur Politik

Sembilan perwakilan anggota Badan Pengkajian MPR RI selain Rambe Kamarul Zaman, diantaranya Syamsul Bachri, Abdul Fikri Faqih, Farouk M, Kasriyah, Sudirman, Lathifah Sohib dan Tetty Pinangkaan.

Selain bertemu dengan Warga Negara Indonesia yang ada di Hongaria, para delegasi MPR RI ini juga melaksanakan kunjungan dan pertemuan dengan parlemen, kementrian, kehakiman, dan Universitas Pelayanan Publik Hongaria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of