Tanggulangin – Islam merupakan agama yang mencerahkan bagi kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan universal. Pencerahan merupakan nilai keutamaan yang tertanam dalam segenap kebaikan jiwa, pikiran, sikap, dan tindakan yang maslahat, berkeadaban, serta berkemajuan.

Dengan ber-Islam yang mencerahkan, setiap Muslim senantiasa menyebarkan akhlak mulia yang menebar ihsan yang melampaui sekaligus rahmat bagi semesta alam. Islam melarang umatnya menyebarkan akhlak yang tercela (al-akhlaq al-madzmumah) yang membawa kerusakan di muka bumi (fasad fil-ardl ). Jika Islam dihayati secara murni, maka setiap Muslim menjadi cerah hati, pikiran, sikap, dan tindakannya.

Baca Juga :  PCM Blongbendo Pasrahkan Masa Depan Muhammadiyah pada Pemuda

Muhammadiyah, berarti pengikut Muhammad yang mengandung pengertian sebagai sekelompok orang yang berusaha atau pelanjut dakwah rasul dalam mengembangkan tata kehidupan masyarakat.

Dengan demikian, Muhammadiyah dimaksudkan sebagai organisasi yang gerak perjuangannya ditujukan untuk mengembankan suatu tata kehidupan masyarakat sebagaimana dikehendaki Islam, yang bertujuan untuk menyebarkan agama Islam, baik melalui pendidikan maupun gerakan sosial. Dengan demikian, tercipta masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Baca Juga :  Jokowi Resmikan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Kegiatan Dakwah Terpadu PCPM Tanggulangin ini, sebagai bentuk pembelajaran yang efektif dalam rangka meningkatkan kepekaan sosial. Selain itu kegitan ini juga dalam upaya untuk menggiatkan ranting Muhammadiyah melalui gerakan jamaah dan dakwah jamaah;

Adapun langkah-langkah yang dilakukan mewujudkan gerakan jamaah antara lain, melakukan assesment awal mengenai kehidupan keagamaan di desa atau ranting.

Baca Juga :  Menjaga Ligkaran Agar Tidak Putus

Kedua, memantapkan konsep dakwah jamaah yang akan dipergunakan agar sesuai dengan kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat. Kemudian, melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi para fasilitator yang akan menggerakkan cabang dan ranting.

Berikutnya, melakukan pendampingan dakwah jamaah. Memantapkan organisasi gerakan di akar rumput (pimpinan ranting) sebagai ujung tombak gerakan dakwah jamaah bagian yang keenam.

Pagi ini, Ahad (11/8/2019), Alhamdulillah PCPM Tanggulangin bisa nyembelih 1 ekor sapi, dan 8 ekor kambing. Nidhom

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of