fasco.id – PCM Waru
Melaksanakan ibadah lebih mudah dikenal dengan ritual penyembahan kepada Allah. Namun, makna ibadah sesungguhnya tidak sesempit itu. Ustadz H Ahmad Syaukani Ong Lee meluruskan pengertian istilah itu dalam Kajian Ahad Pagi Masjid Al Ikhlash Deltasari Indah, Waru, Sidoarjo, Minggu (4/3).

Mengusung tema Membedah Makna Ibadah, Ustadz Syaukani menegaskan, ibadah secara makna bukanĀ  menyembah. Sesuai bahasanya, Abdi diartikan sebagai pengabdian. Pemaknaan ini akan selaras dengan tujuan Allah menciptakan jin dan manusia. “Kata ibadah sering kita ucapkan dalam salat sebanyak 17 kali. Itu merupakan sumpah kita kepada Allah,” tutur dia.

Baca Juga :  PWPM Jatim Audiensi dengan Rektor UMSIDA

Ust H Syaukani menuturkan, yang terpenting bagi manusia adalah patuh dan taat kepada Allah .Lalu melanjutkan dengan makna islam, yakni selamat, tunduk dan merima ketetapan Allah.
Kuncinya ber-Islam, lanjut dia, adalah menerima ketetapan Allah dan berusaha menjalankan dengan penuh ketundukan. “Masuklah islam secara kaffah (Menyeluruh) dengan selalu taat dan tunduk pada Aturan Alla,” tutur Ust H Syaukani menjelaskan makna Surat Al- baqarah Ayat 208.

Baca Juga :  Mubaligh Muda Muhammadiyah ini ingin Jadi TNI dan Hafidz.

Amalan salat, zakat, puasa dan haji adalah bukti ketaatan pada Allah. Tidak hanya itu, amalan-amalan kecil lainnya seperti makan dan minum juga harus memperhatikan ketetapan Allah. “Makan dan minumlah dengan sesuatu yang halalan tayyiban (Halal dan baik). Jangan sekali-kali terperdaya oleh tipu daya syaitan, serta ikuti tuntunan makan minum yang dijelaskan Nabi dalam hadits shahih,” ungkapnya menjelaskan Surat Albaqarah Ayat 168.

Baca Juga :  PDPM FC Tekuk Korkom FC dengan Skor 4 - 1

Kajian rutin yang digelar Takmir Masjid Alikhlas setiap Ahad usai salat subuh dan Jumat usai salat maghrib ini mendapat respon yang positif dari para jamaah. Antusiasme untuk belajar Islam terus menguat. “Mari belajar islam dengan baik, dan selalu ingatlah pada Allah,” pesan UStadz H Syaukani menutup penjelasannya.waf/red/han

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of