Fasco.id – Politik dinasti yang lahir atas dasar hubungan kekerabatan atau patron menjadi fenomena baru dalam Pilkada serentak 2020 mendatang. Pun demikian yang terjadi di Sidoarjo. Potensi munculnya politik dinasti seiring menguatnya sosok Amir Aslichin alias Iin sebagai bakal calon Bupati Sidoarjo.

Seperti diketahui, Iin merupakan anak kandung Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yamg juga Ketua PKB Sidoarjo. Sayang, berdasar riset yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah, mayoritas publik tidak percaya dengan figur yang lahir dari proses politik dinasti.

Baca Juga :  Menristek-Dikti Izinkan Lagi Omek Masuk Kampus

Ketua Bidang Hikmah PD Pemuda Muhammadiyah Sidoarjo Mahmudi menuturkan, penyalahgunaan wewenang rawan terjadi dalam praktik politik dinasti. Bentuknya bermacam, mulai dari penggunaan fasilitas negara hingga pengerahan ASN (Aparatur Sipil Negara). “Keduanya jelas melanggar ketentuan. Politik dinasti memiliki stigma yang kurang baik di mata publik,” tutur Mahmudi, Kamis (26/12).

Kendati demikian, politik dinasti bukan sebuah pelanggaran dalam konteks demokrasi yang terbuka di Indonesia. Mahmudi mengakui, siapapun berhak untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah sepanjang memenuhi ketentuan sesuai perundang-undangan. “Tidak ada larangan spesifik tentang calon kepala daerah yang memiliki hubungan keluarga maupun berafiliasi dengan pejabat sebelumnya,” tutur dia.

Baca Juga :  Ditangan Siswi SMK PEMUDA, Talenan bisa jadi Hiasan Bertema Horor

Dalam konteks Sidoarjo, Mahmudi mengaku dibutuhkan sosok yang lebih inovatif dalam melangsungkan pembangunan di Kota Delta tersebut. Hal ini tidak lepas dari tuntutan masyarakat yang semakin tinggi, baik terhadap akses layanan publik maupun dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Yang perlu menjadi catatan adalah bagaimana publik menilai calon kepala daerah yang akan tampil. Riset menjadi salah satu alat ukur untuk melihat seberapa tinggi ekspektasi publik terhadap calon atau justru distrust,” pungkas Mahmudi.han

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of