Oleh: Nurul Musdholifah, Budapest Hongaria

Hongaria – Diplomatic Fair 2019 diselenggarakan oleh organisasi Diplomatic Spouses of Budapest (DBS) dibawah perlindungan Madame Harlita Herczegh, Spouse of the President of Hungary. DBS adalah organisasi para istri perwakilan duta besar asing yang berada di Hongaria. Pameran ini diselenggarakan di InterContinental Budapest, (Ahad, 24/11/2019).

Salah satu program Diplomatic Fair ini, merupakan Pameran Amal yang setiap tahun diadakan dan menjadi tradisi yang luar biasa dan merupakan contoh kerjasama internasional. Pameran ini menampilkan berbagai macam pertunjukan teater, musik, dance, children’s corner dan hadiah undian yang menarik untuk dimenangkan. Serta, stan handicraft, souvenir hingga makanan dan minuman melengkapi pameran.

Baca Juga :  Begini Etika Senyum Alfamidi Class Smedaka

Roisatul Wafiyah Al Afifah, salah satu pengunjung yang berasal dari Indonesia, menikmati betul pertunjukan yang ada.

“Alhamdulillah saya sangat menikmati pertunjukan seni, tari dan beraneka ragam budaya dan makanan dunia dalam sehari ini,” ujar gadis yang masih duduk dikelas IX SMP dan sedang melanjutkan sekolahnya di Al Wahda Libya School Budapest,

Pameran ini diikuti lebih dari 50 negara yang diwakili kedutaan mereka di Hungary. Termasuk Indonesia.

Baca Juga :  Musyran IPM Smamita Bagian dari Perkaderan

Menurut Pelaksana Fungsi Protokol Konsuler KBRI Budapest V, Ratih Dewi, M.A, Ibu Dewi Hartati Wahab, istri Dubes RI untuk Hongaria yang sekaligus merupakan Ketua Darma Wanita Budapest di Hongaria, sangat aktif dan welcome banget, sehingga Indonesia bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini

“Motivasi Indonesia ikut berpartisipasi dalam even ini sebagai ajang untuk mempromosikan budaya dan produk-produk Indonesia termasuk makanan kuliner Indonesia, seperti makanan Rendang, Gado-gado dan makanan tradisonal serta mendukung UKM Indonesia yang ada di Hungary. Ada yang menjual batik, tenun, handicraft, catering makanan dan Restaurant Indonesia”, katanya.

Baca Juga :  Serunya Kreasi Daur Ulang ini

Selain itu, pada kesempatan kali ini Indonesia menampilkan tari saman dan harapannya tahun depan Indonesia memiliki booth yang lebih besar dan performance Indonesia bisa lebih banyak lagi diakomodir oleh panitia agar budaya Indonesia lebih dikenal dan sering dilihat perwakilan asing maupun masyarakat asing disini.

Tujuan dari pameran ini, selain sebagai ajang promosi budaya juga acara amal untuk mengumpulkan dana yang memberi manfaat bagi masyarakat di Hongaria. Semua hasil Diplomatic Fair 2019 akan disumbangkan ke badan amal Hongaria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of