Oleh: Nurul Musdholifah, Budapest Hongaria

Fasco.id – Pada peringatan Kemerdekaan HUT ke-74 Republik Indonesia, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat Indonesia. Ada yg memakai baju adat Sumatra, Bali, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Sunda dan lainnya.

Sabtu (17/8/2019) pukul 09.30 waktu setempat, Upacara Bendera dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M. A.H. Dimas Wahab, Dubes RI untuk Hongaria dan diikuti oleh seluruh staff KBRI Budapest serta Masyarakat Indonesia di Hongaria.

Pengibaran Bendera di KBRI Budapest dikibarkan oleh tim Paskibra yang terdiri dari Arif Rahmansyah, Nadhifah Khalishah, Agus Salim, Sindu Daniarta, Ninie Mariana, dan Galih. Mereka adalah penerima beasiswa S1 dan S2 Stipendium Hungaricum.

Baca Juga :  Cerita Idul Adha di Hongaria

Bukan hanya itu, ada pesta rakyat selepas upacara selesai. Pesta ini digelar dan dibuka oleh Dubes RI untuk Hongaria, Dimas Wahab dengan memberikan sambutan dan penghargaan kepada beberapa staff KBRI, sanggar Kinanti Budaya dan SMA Al Bayan Islamic Boarding School Sukabumi Indonesia.

Pada peringatan kemerdekaan HUT RI ini pula, pria yang akrab dipanggil Dimas Wahab, juga memberi penghargaan kepada Ibu Suparmadi yang sudah tinggal lama di Hongaria sejak tahun 1950an. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongn tumpeng.

Baca Juga :  Cerita Idul Adha di Hongaria

“Untuk para pelajar dan pekerja Indonesia di Hongaria agar lebih giat belajar dan bekerja dengan baik,” kata Wahab dalam sambutannya.

Kemudian, lanjutnya, meningkatkan sesuatu apa yang diharapkan Presiden RI, yakni lebih meningkatkan hubungan kerjasama, perdagangan dan pada bidang-bidang yang lain.

Selain itu, agenda Pesta Rakyat juga dibarengi dengan pembagian door prize dan Indonesian food. Tentunya masyarakat Indonesia yang ada di Hongaria pasti rindu akan makanan khas Indonesia. Seperti halnya nasi kuning, lengkap beserta lauk pauknya, sayur urapnya, peyek dan bakso sebagai pelengkapnya.

Baca Juga :  Cerita Idul Adha di Hongaria

Beberapa penampilan diantaranya sanggar Kinanti Budaya Sukabumi dengan tari Saman dan Kalimantan serta Group Gamelan Surya Kencana menemani para tamu menikmati sajian di pesta rakyat ini. Tim Akustik PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Hongaria, serta masyarakat Indonesia yg di Hongaria dengan membawakan lagu-lagu daerah.

Cerita Idul Adha di Hongaria

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of