Fasco.id – Kecamatan Tanggulangin menjadi salah satu poros perkembangan Muhammadiyah di Sidoarjo. Hal itu ditandai dengan banyaknya tokoh Muhammadiyah Jawa Timur yang lahir dari wilayah kecamatan tersebut.

Sejumlah tokoh tersebut antara lain, Dr Hidayatullah Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Tamhid Mashudi Sekretaris PWM Jatim, Zainul Luthfi Anggota DPRD Jatim dan banyak lagi tokoh lainnya.

Para tokoh itu tumbuh dari proses kaderisasi sejak di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), salah satu ortom yang termasuk dalam Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). Lantas, seperti apa perkembangan Muhammadiyah beserta amal usaha di wilayah tersebut?. Pertanyaan itu menjadi topik menarik sejumlah alumni AMM Tanggulangin saat berkumpul di Ponpes An Nur, Tanggulangin, Minggu (4/8).

Baca Juga :  Kemajuan Muhammadiyah Bukti Konsistensi Perjuangan

Dalam forum tersebut, Rektor Umsida Dr Hidayatullah mengungkapkan, banyak tokoh besar yang namanya telah dikenal luas berasal dari Tanggulangin. Namun, sejauh ini perkembangan amal usaha di wilayah tersebut justru tidak terlalu signifikan. ” Orang -orang Muhammadiyah Tanggulangin itu pintar-pintar, hebat-hebat, bahkan menjadi tokoh besar. Potensi di Tanggulangin juga sangat melimpah. Tapi kenapa amal usaha muhammadiyah tanggulangin tetap gitu-gitu saja, tidak berkembang,” ungkap Hidayatullah yang akrab disapa Dayat tersebut.

Baca Juga :  PWPM Jatim Audiensi dengan Rektor UMSIDA

Menyadari hal tersebut, Dayat bersama para alumni AMM di Tanggulangin membangun komitmen bersama. Salah satunya pendirian pusat dakwah Muhammadiyah yang harus segera direalisasikan. Selain pusat dakwah, perkembangan Muhammadiyah di Tanggulangin juga harus didukung dengan kegiatan perekonomian yang efektif. Salah satunya dengan mendirikan swalayan modern yang dikelola berbasis syariah.

“Selain itu, amal usaha di sektro pendidikan juga harus diperkuat. Apa yang sudah dibangun, amal usaha yang ada harus terus dikembangkan. Dan yang belum ada, perlu ditambah dengan memperbanyak amal usaha,” ungkap Dayat.zan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of