Fasco.id – SMAMDA Sidoarjo
Berbagai paham dan pemikiran terus berkembang di dalam Islam. Sehingga tak dapat dipungkiri, antara paham yang benar dan sesat semakin sulit diidentifikasi. Karena itu, seorang muslim harus memiliki lima hal ini dalam menyikapi berbagai perkembangan paham pemikiran dalam Islam.

Kelima hal tersebut diuraikan Wakil Ketua Majelis Tarjih PW Muhammadiyah Jatim Dr H Muhammad Nurhakim dalam kesempatan Darul Arqam guru dan karyawan SMAM 2 (SMAMDA) Sidoarjo di auditorium Nyi walidah, Minggu (27/5).

Baca Juga :  Umsida Beri Hibah Rp3,9 Miliar untuk PDM Sidoarjo

Nurhakim menjelaskan setidaknya ada lima hal bagi warga muhammadiyah harus bersikap dan menghadapi berbagai aliran gerakan. Pertama, konsisten mendalami ilmu agama dan jangan sekali-kali merasa puas. Menurut penelitian yang pernah di lakukan olehnya, target perekrutan aliran aliran sesat adalah anak anak dan orang orang yang bertaubat dan baru mendalami ilmu agama. Kemudian sasaranya adalah doktrin doktrin yang menyimpang dari kebenaran. “Karena posisi masih awam sehingga rentan belum paham mengenai agama,” tutur Nurhakim.

Baca Juga :  Jokowi Resmikan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Kedua, lanjut dia, pilih mana yang benar tanpa merasa paling benar sendiri. Ketiga, tidak mudah takfir, tegas menolak terhadap yang menyimpang atau sesat.
Keempat, bantu anak kerabat dan umat binaan agar selalu terarah.
“Terakhir, berguru atau bergaul, membaca buku, mengakses informasi yang benar dan jelas. Gunakan jalan dialog dan hukum jika ada masalah,” pubgkas Nurhakim.

Baca Juga :  Aspirasi Nalar Kritik Kader IMM Melalui Lomba Debat

Laporan
Mauludi Falakhy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of