Fasco.id, SD Mutu Krembung

Ramadan menjadi salah satu momen penting bagi anak-anak didik di SD Muhammadiyah 1 (Mutu) Krembung. Mereka tidak hanya berusaha menahan lapar tetapi juga mengasah pendidikan karakter dengan berbagai aktifitas. Salah satunya pesantren akhlak yang berisi berbagai agenda.

Mengangkat tema Ramadhan Is Your’s, pesantren akhlak ini digelar selama lima hari di awal bulan Ramadhan.
Melalui agenda ini diharapkan siswa memiliki karakter peduli, berakhlaq mulia serta  ikhlas dalam menjalankan puasa. “Inilah pemahaman yang diberikan kepada seluruh peserta didik tentang amalan dan tujuan berpuasa dan Ramadhan menjadi lebih berkah serta bermanfaat” tutur Kepala SD Mutu Krembung Izudin Karim.

Baca Juga :  Revitalisasi Fungsi Pengaderan Pemuda Muhammadiyah

Izudin menuturkan, fokus agenda pesantren akhlak yang dilaksanakan pada 21-25 Mei ini antara lain : peningkatan iman dan taqwa, pengenalan diri, peningkatan kedisiplinan, takjil on the road, ramadhan camp,cooking ramadhan, dan ahur bersama. Pembiasaan disiplin dimulai dari hal kecil, seperti menata sepatu dan sandal dengan rapi, membuang sampah ditempat sampah, sholat tepat waktu, dan sebagainya.

Baca Juga :  Sepanjang PCM Terbaik se-Indonesia

“Kegiatan – kegiatan pada Pesantren Akhlak  ini dikonsep semenarik mungkin dengan tujuan membuat Ramadhan siswa lebih berkesan dan tidak monoton sehingga siswa tidak merasa jenuh saat berpuasa,” tambah Ketua Panitia Peaantren Akhlak Ruly Rachmawati.

Salah satu siswa SD Mutu Krembung Monica mengaku, pesantren akhlak berlangsung sangat menyenengkan. Bahkan dalam satu malam Ramadan, Monica mengaku tak dapat tidur lantaran terlalu senang.
“Saya berharap setiap tahun SD MUTU Krembung mengadakan Pesantren Akhlak karena melalui kegiatan ini kita bisa menambah ilmu dan ketaqwaan kita kepada Allah. Kami juga bisa lebih lama bermain bersama teman – teman disekolah” tutur siswa Kelas 3 tersebut.

Baca Juga :  Semangat Berorganisasi itu Bagian dari Pencerah

Laporan

Ilyas Junjunan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of