Fasco.id – UMSurabaya
Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya terus menebalkan komitmennya memberi manfaat untuk masyarakat. Tidak hanya di bidang pendidikan, melainkan juga merespon beragam persoalan yang tengah berkembang. Salah satunya ialah peredaran miras yang kian memprihatinkan.

Keprihatinan tersebut ditunjukkan lewat petisi mendesak Perda Surabaya tentang minuman beralkohol (Mihol). Tidak hanya memberikan petisi, UM Surabaya juga menerjunkan relawan yang akan disebar ke 34 titik untuk melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya mihol. “Kita berupaya melalui dua jalur yang saling terkait. Pertama mendesak pemerintah menyiapkan regulasinya. Kedua terjun ke masyarakat memberikan edukasi,” tutur Rektor UMSurabaya Dr dr Sukadiono di sela prosesi wisuda ke 42 UMSurabaya, Sabtu (28/4).

Baca Juga :  Begini Monitoring Alfamidi Class Smedaka

Sukadiono menegaskan, hingga saat ini regulasi tentang mihol baru diatur dalam Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pengendalian Dan Pengawasan Peredaran Minuman Beralkohol. Komitmen pengendalian mihol tersebut perlu juga dimiliki Pemkot Surabaya untuk menekan akibat negatif dari miho. “Sudah banyak nyawa yang tewas akibat mihol. Seharusnya bisa menjadi pelajaran,” tutur Suko.

Baca Juga :  Musyda PDPM Sidoarjo ke 9 Digelar

Pelepasan relawan ke 34 titik tersebut dilakukan secara simbolis kepada sejumlah mahasiwa oleh Dr Sukadiono. Mereka mendapat bekal sapu lidi dan scraft sebagai simbol mereka siap menyatu dengan masyarakat. “Tidak hanya mihol, mereka juga harus aktif melakukan pendampingan terhadap anak dan remaja,” tutur Sukadiono.

Pendampingan terhadap anak dan remaja ini diharapkan dapat menjaga mereka dari pengaruh negatif lingkungan. Karena miras, kekerasan kepada anak, dan permasalah sosial lain tidak menutul kemungkinan menular dari pengaruh masyarakat. “Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendidikan. Anak, harus mendapatkan pendidikan yang layam dan tepat untuk pembentukan karakter mereka,” pungkas Sukadiono.han

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of