Dengan adanya perkembangan teknologi yang ada saat ini, maka semakin banyak pula perangkat canggih seperti smartphone dan perangkat lain yang dimiliki oleh banyak orang dari berbagai usia. semua perangkat tersebut sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat komunikasi, bekerja maupun sarana bisnis.

Dari data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, saat ini terdapat 24 perusahaan manufaktur komponen produk ponsel dan tablet di dalam negeri. Sementara itu, berdasarkan laporan e-Marketer, pengguna aktif smartphone di Indonesia akan tumbuh dari 55 juta orang pada tahun 2015 menjadi 100 juta orang tahun 2018 dengan data ini maka Indonesia diproyeksi  menjadi negara pengguna Smartphone Ke-4 Dunia.

berbagai perangkat canggih tersebut tentunya membutuhkan tempat penyimpanan yang memadai dan aman, seperti yang telah kita ketahui bersama, perangkat smartphone pastinya memiliki keterbatasan pada tempat penyimpanannya, terkadang pengguna smartphone atau perangkat canggih lain yang memiliki keterbatasan penyimpanan akan memindahkan data mereka ke laptop atau flashdisk, namun tentunya flashdisk atau laptop memiliki kekurangan dalam hal serangan virus maupun kerusakan atau bahkan hilangnya perangkat tersebut. maka melihat hal ini, berkembanglah berbagai teknologi penyimpana awan atau yang dikenal dengan istilah Cloud Storage.

APA ITU CLOUD STORAGE?

Cloud storage atau penyimpanan awan adalah model penyimpanan data di mana data digital disimpan dalam komputer server, penyimpanan fisik meliputi beberapa server dan juga beberapa lokasi, dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting. Penyedia penyimpanan awan (cloud storage) ini bertanggung jawab untuk menjaga data yang tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik harus dilindungi dan berjalan dengan baik. Orang atau organisasi dapat membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia pengelola cloud storage.

Layanan penyimpanan awan (cloud storage) dapat diakses melalui komputer atau perangkat seperti smartphone, tablets, laptop dan desktop selama perangkat tersebut terhubung dengan jarigan internet dan tentunya mempunyai akun layanan cloud storage tersebut. Cloud Storage juga dapat di akses melalui layanan web. (wikipedia)

salah satu layanan cloud storage adalah “Google Drive”,

Gambar= https://goo.gl/images/yd5kdG

Sesuai dengan namanya, Google Drive merupakan layanan Cloud Storage yang dimiliki oleh raksasa mesin pencarian (search engine) Google. Google drive menyediakan 15 GB penyimpanan gratis yang dibagi dengan berbagai layanan milik google lainnya seperti Gmail, Google Plus dll yang bersama dengan Google Drive. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan, berbagi dan mengedit file Anda dengan mudah dari berbagai perangkat. Anda juga dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk mengakses dan bekerja dengan file seperti dokument, spreadsheet dan presentasi. Selain itu juga banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dengan google drive dengan memanfaatkan fungsi pada aplikasi web yang lain. Dan google drive juga dapat Anda miliki dengan mudah selama Anda mempunyai akun email milik google yaitu Gmail. jika menginginkan kapasitas yang lebih besar lagi, google drive menyediakan versi premium dengan harga  $1.99 / bulan – 100 GB, $9.99 / bulan – 1 TB, $99.99 – 10 TB, $199.99 / bulan – 20 TB dan $299.99 / bulan – 30 TB.redaksi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of