fasco.id – PDPM Sidoarjo
Basis kekuatan Komando Kesiap Siagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) di Sidoarjo terus diperkuat. Salah satunya melalui pembaretan personel Kokam oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyan (PDPM) Sidoarjo

Mulai hari ini, Sabtu (14/4), pembaretan dimulai dengan serangkaian misi yang harus ditempuh personel Kokam. Di antaranya apel pembaretanu, napak tilas dini hari, hingga upacara pembaretan digelar pada Minggu (15/4) pagi.

Ketua PDPM Sidoarjo Syamsul Hadi menuturkan, pembaretan ini merupakan proses lanjutan pasca Diklat Kokam. Personel yang akan mengikuti proses ini direncanakan mencapai 65 Kokam. “Ini salah satu rabgkaian Milad ke-86 Pemuda Muhammadiyah di Sidoarjo,” tutur Syamsul.
Menurut Syamsul, peranan Kokam menjadi cukup vital. Baik di lingkungan Pemuda Muhammadiyah maupun Persyarikatan Muhammadiyah secara umum. Karena itu, proses kaderisasi harus senantiasa digiatkan untuk menjaga eksistensi Kokam senantiasa kokoh. “Kokam adalah kebanggan Muhammadiyah. Mereka menjadi bagian dari perjuangan Muhammadiyah memperkuat benteng NKRI,” tegas Syamsul.

Baca Juga :  Revitalisasi Fungsi Pengaderan Pemuda Muhammadiyah

Kordinator Pembaretan Kokam Zainal Arifin menambahkan, personel Kokam harus memiliki wawasan Kemuhammadiyaah dan Kebangsaan yang memadahi. Karena itu, dalam napak tilas ini mereka tidak hanya diuji ketahanan fisik dan mentalnya. Lebih dari itu, calon personel yang akan dibaret juga akan diuji wawasannya tentang Islam, Muhammadiyah dan Nasionalisme.

“Setip personel minimal harus hafal Pancasila, visi misi Muhammadiyah dan paham betul bagaimana tata cara salat dan membaca Alquran,” tandas Zainal.

Baca Juga :  PCM Tanggulangin Lahirkan Banyak Tokoh Muhammadiyah, Nasib Amal Usahanya Seperti Apa?

Zainal yang juga Sekretaris Bidang Kokam PDPM Sidoarjo itu mengatakan, setelah mengikuti napak tilas, mereka akan disambut oleh Mayjend TNI (Purn) Kivlan Zein. Zainal berharap, pembaretan ini akan melecut semangat Kokam dalam menegakkan visi Muhammadiyah dan menjadi benteng NKRI yang kokoh.han

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of