Fasco.id – PCM Porong

Ada yang unik dalam Kajian Ahad Pagi PC Muhammadiyah Porong yang bertempat di Masjid Al Munirah Perguruan Muhammadiyah Porong, Minggu (08/04). Dalam pengajian tersebut, Ketua PD Muhammadiyah Sidoarjo Masyhud SM hadir memberikan ceramah.

Pihaknya lalu mengajak para hadirin untuk berfikir tentang rahasia di balik ayat 30 Surat Al Baqarah yang isinya tentang manusia sebagai khalifah di muka bumi. Masyhud membuka pertanyaan tentang jumlah huruf dalam ayat 30 tersebut menurut pembagian frase ayat yang terbagi menjadi empat. Maka susunan angka yang muncul adalah 35, 35, 20, 20 dan ia memberi hadiah berupa buku kepada seorang dari hadirin yang berhasil menjawab dengan tepat.

Baca Juga :  Aisyiyah Diharap Kuasai Kekuatan Ekonomi Umat

Angka tersebut adalah rumus psikologi dalam menentukan kualifikasi pemimpin,” tutur Masyhud. Dia mengatakan, menilai seseorang itu bisa dipantau dari latar belakangnya saat masih berusia remaja hingga usia 35 tahun.  Fase berikutnya ditambah 20 tahun. “Jika di usia itu baik, maka track record orang tersebut juga relatif akan baik,” terang dia.

Masyhud juga memaparkan, syarat untuk menjadi khalifah di muka bumi antara lain, tidak suka membuat kerusakan, tidak suka kekerasan dan pertumpahan darah. Selain itu, pemimpin senantiasa bertasbih dan selalu menyucikan Allah. Hal itu sebagaimana terkandung dalam ayat tentang khalifah di muka bumi tersebut.
Tak luput ia juga mengimbau agar para hadirin menjadi lebih unggul dari makhluk lainnya. Hal itu sesuai dengan kelanjutan ayat 30, yaknj ayat 31 dalam surat Al Baqarah. Dalam ayat tersebut, Allah mengajarkan nama – nama kepada Adam dan mengemukakannya di hadapan para malaikat. Unggul dari segi aqidah, akhlaq dan IPTEK agar Islam dihormati oleh seluruh kaum di muka bumi. Masyhud mengingatkan dengan mengutip motto kaum sekuler, barang siapa yang menguasai IPTEK maka ia akan menguasai dunia.  Sebaliknya, barang siapa yang yang tidak menguasainya maka akan menjadi korban dari penerapan IPTEK.

Baca Juga :  Usai Dirikan Gedung 13 Lantai, UMSurabaya Akan Dirikan Lagi Gedung 31 Lantai

“Jangan sampai anak Muhammadiyah menjadi robot hidup yang hanya berorientasi karyawan belaka. Mereka harus dididik untuk menjadi khalifah yang seutuhanya,” pungkas Masyhud.

Laporan
Rozaq Akbar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of