fasco.id – Surabaya
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/MA bakal digelar mulai hari ini, Senin (9/4). Persiapan teknis di sekolah berupa sinkronisasi dengan server pusat telah dilakukan pada Jumat dan Sabtu 6-7 April lalu. Namun, ada juga sekolah yang masih terkendala sinkronisasi hingga H-1 UNBK kemarin.
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Dr Saiful Rachman menuturkan, tercatat ada 1.491 SMA dan 1.630 MA yang akan menggelar UNBK hari ini. Hingga pukul 15.00 kemarin, pantauan posko UNBK Jatim menunjukkan proses sinkronisasi berjalan lancar. Kecuali delapan sekolah MA yang masih melanjutkan proses sinkronisasi.
“Tapi kita pastikan sinkronisasi bisa tuntas hari ini (Kemarin). Kita terus pantau dari posko yang ada di provinsi ini,” tutur Saiful. Di Jatim, lanjut dia, tercatat ada 172.102 siswa SMA dan 100.237 siswa MA yang akan mengikuti UNBK.
Saiful optimis, pelaksanaan UNBK jenjang SMA/MA ini akan lebih mudah dilaksanakan karena jumlahnya lebih kecil dari pada jenjang SMK lalu. Selain itu, dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), SMA juga telah melaksanakannya dengan aplikasi yang serupa dengan UNBK. “Jadi sekolah maupun siswa sudah terbiasa dengan ujian ini. Waktu USBN lalu aplikasinya juga sudah bagus seperti UNBK,” tandasnya.
Kendati demikian, Saiful tetap mengimbau kepada sekolah, baik guru, teknisi maupun proktor untuk tetap bersiap diri dan mentalnya menghadapi UNBK. Begitu juga peserta didik kelas XII yang akan mengikuti UNBK untuk empat mata pelajaran.han
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of