Ust. Ahmad Nidhom
Oleh : Ust Ahmad Nidhom
fasco.id – Ust Ahmad Nidhom
Dalam menjalani kehidupan, seseorang akan banyak mengalami tantangan, rintang bahkan suatu ketika harus siap mengecap pahitnya kegagalan. Tak terkecuali pada hal yang kita tempatkan pada setinggi-tingginga pengharapan. Sehingga muncul kekecewaan, tidak ikhlas, hingga putus asa.
Maka dari itu sebagai seorang hamba hanya memiliki pilihan untuk ‘ngeyel’ dalam berusaha. Selebihnya, harus diyakini bahwa Allah SWT yang menentukan hasil yang harus diterima dengan ikhlas. Setidaknya ada tiga karakter yang harus ada dalam diri setiap manusia untuk meraih sukses yang hakikk dengan penuh kepasrahan
1.Optimis
Optimis adalah sifat orang yang memiliki harapan positif dalam menghadapi segala hal atau persoalan. Sikap ini harus berada di tempat paling depan dalam mengawali setiap usaha.  Karena sifat optimis akan selalu melahirkan pikiran positif dan prasangka baik kepada Allah. Sebaliknya, jika sikap pesimis yang mendominasi setiap usaha, makan akan selalu berpandangan negatif dalam menghadapi segala hal atau persoalan.
Ciri-ciri orang yang bersifat optimis:
Memilki harapan yang baik pada saat sebelum melakukan suatu pekerjaan.
Melakukan sesuatu dengan sepenuh hati dan rasa senang. Mensyukuri keberhasilannya dan mengevaluasi kekurangannya. Melihat segala sesuatu sebagai sebuah kesempatan, peluang, dan kemungkinan. Dalam situasi sulit selalu menganggap masih ada kesempatan untuk berhasil. Memiliki wajah berseri-seri dan mudah tersenyum.
Firman Allah dalam Q.S. Az-Zumar [39] : 53
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ ٥٣
Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
2. Ngeyel dalam Ikhtiar
Ikhtiar muda di ucapkan namun kadang sulit di  kerjakan bagai mana semestinya ihktiar itu yakni berusaha sungguh-sungguh untuk mencapai suatu harapan, keinginan, atau cita-cita. Ngeyel dalam artian pantang menyerah adalah modal utama pada setiap ikhtiar yang kita lakukan. Dalam seribu kegagalan, seorang yang ngeyel dalam berikhtiar tentu akan menemukan satu keberhasilan. Bahkan jika rasio keberhasilan dan kegagalan itu bertambah satu juta banding satu.
Sebagaimana dalam firman Allah dalam QS An-Najm [53] : 39-42
وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ ٣٩
وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ ٤٥
ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَىٰ ٤١
وَأَنَّ إِلَىٰ رَبِّكَ الْمُنْتَهَىٰ ٤٢
Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan diperlihat (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna. Dan bahwasanya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu).
3. Tawakal
Tawakal artinya berserah diri kepada Allah atas hasil usaha kita setelah berusaha dengan sungguh-sungguh dan berdoa. Dengan kata lain tawakal adalah pasrah atas setiap ketentuan Allah dengan bersungguh-sungguh setelah melakukan usaha atau ikhtiar.
Sebagaimana dalam Q.S. Ali-Imran [3] : 159
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ ١٥٩
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkan mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Click Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Click
Guest
Click

Ngeyelan