fasco.id-Sidoarjo
Rangkaian persiapan menjelang Pilgub Jatim 2018 terus dimatangkan KPU Sidoarjo. Khususnya terkait pendataan calon pemilih yang telah sampai pada tahap rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat desa/kelurahan.

Komisioner KPU Sidoarjo Abdillah Adi menuturkan, tahap pemutakhiran data calon pemilih sementara sedang berlangsung. Mulai 5-7 Maret ini, Panitia Pemungutan Suara (PPS) menetapkan rekap pemutakhiran data bersama PPL (Panitia Pengawas Lapangan), PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). “Proses ini perlu kita lalui sebelum akhirnya keluar Daftar Pemilih Sementara (DPS),” tutur Adi, Selasa (6/3).

Baca Juga :  SD Kreatif Muda Juarai Liga Sepak Bola Kecamatan Tulangan

Adi mengungkapkan, KPU secara menyeluruh memantau setiap perkembangan tahapan ini baik di tingkat desa maupun kecamatan. Pihaknya tidak menampik adanya sejumlah kendala teknis dalam tahapan ini. Khususnya terkait, penerapan base pemilih dengan berdasar ktp el atau surat keterangan dari Dispendukcapil Sidoarjo. “Sidoarjo ini daerah penyangga Surabaya. Karena itu, mutasi kependudukan tinggi di tambah daerah lumpur,” terang dia.

Baca Juga :  Tuntas Ikuti Ujian, Siswa SMAMDA Sidoarjo Ikuti Konfrensi Internasional PBB

Seputar kendala lain menjelang pilgub ini, lanjut Adi, juga dialami pada SDM. Khususnya rekruitmen PPk dan PPS dengan aturan dua periode sulit mencari tenaga. Tahapan rekruitmen PPS dan PPK yang bersamaan menjadikan tidak efektif. “Harusnya PPK dibentuk dulu terus bisa membantu KPU membentuk PPS,” kata pria asal Kecamatan Tulangan ini.
Selain pendataan, tahapan Pilgub saat ini juga telah masuk masa kampanye sejak 15 Febuari lalh. Karenanya, KPU segera mengintensifkan sosialisasi dan mulai menata alat peraga sosialisasi. “Kita terus berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih pemimpin dengan cerdas.jai

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
fasco media Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of